Sensasi Menyegarkan Dari Es Cendol


Di setiap daerah pastinya memiliki banyak jajanan khas yang dapat diunggulkan,berbagai macam budaya dan suku bangsa di Indonesia membuat minuman dan makanan juga khas akan cita rasa yang sangat tradisional. Kita beranjak pada minuman khas daerah Sunda yaitu Es cendol yang masih mengudara sampai sekarang.

Minuman khas ini sudah terkenal sampai ke Asia Tenggara, mungkin karena rasanya yang manis dengan tambahan dawet atau sering disebut cendol yang terbuat dari olahan tepung beras. Karena ketika meminumya ada rasa dari bulir cendol yang enak dilidah maka minuman tradisional ini menjadi favorit apalagi ketika kita menambahkan banyak gula merah di atashnya. Perkembangan es cendol ini sangat pesat buktinya dapat kita temukan di mana mana di setiap daerah sepertinya sangat gampang menemukan minuman ini. Tidak seperti kuliner tradisional lain yang mungkin dapat tenggelam di arus perkembangan zaman berbeda halnya dengan minuman ini karena masih banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Sampai nanti mungkin minuman ini akan terus hidup dan melegenda sebagai minuman yang khas tradisional yang tidak akan tenggelam dimakan zaman.

Namun es cendol dulunya sering kali disebut sebagai es dawet tetapi seirng berjalannya waktu,kini kita dapat membedakan es dawet dan es cendol. Sekarang walau sudah banyak inovasi yang menghiasi sajian es cendol namun juga tidak menghilangkan keaslian dari es cendol itu sendiri, tetap enak disantap ketika cuaca sedang panas-panasnya atau sebagai takjil berbuka puasa. Salah satunya yang sedang ramai dibicarakan adalah inovasi dari es cendol ialah es cendol pelangi, di mana cendol yang terbuat dari tepung beras biasanya di beri pewarna hanya satu warna yaitu hijau kini di beri warna-warna lain seperti merah, kuning dan lainnya, menambah penampilan es cendol semakin menarik.

Mau bagaimana pun penyajian es cendol tidak dapat mengalahkan rasa nikmatnya yang khas dan segar untuk disantap, selama masih ada gula merah dan santan juga cendolnya yang membuat kita harus minum sambil mengunyah cendol secara bersamaan tidak dapat dikalahkan oleh rasa dari minuman apapun.

0 komentar