Rendang, Bintangnya Kuliner Indonesia


Siapa masyarakat Indonesia yang tak kenal dengan kuliner yang satu ini yaitu rendang, makanan has minang ini sudah banyak dan dapat ditemui di restoran-restoran minang atau bahkan dihadirkan ketika lebaran atau di pesta-pesta pernikahan makanan ini selalu ada sebagai pendamping nasi. Cara pembuatan rendang sendiri di daerah minang dimasak tiga sampai dengan tujuh jam sampai bumbu-bumbu yang diolah bersama daging sapi ini meresap sempurna.

Dalam masyarakat minang rendang ini seperti makanan yang wajib ada dalam acara upacara-upacara adat setempat. Bahan-bahan yang dibuat rendang itu sendiri berasal dari rempah-rempah yang merupakan antiseptik alami dan membuat rendang dapat tahan selama berminggu-minggu dan sampai dibawa bekal oleh orang-orang yang hendak merantau. Dalam proses merantau itulah daging rendang tersebar dan bukan hanya dapat ditemukan di ranah minang.

Rendang yang enak menurut penilaian masyarakat kebanyakan adalah dimasak dengan kayu bakar di atas tungku bumbunya meresap sempurna jika dimasak di atas tungku api yang berbahan kayu. Ketenaran rendang karena rasanya yang khas membuat ketenaran rendang sampai ke pelosok nusantara dan dunia. Rendang adalah kuliner yang sudah ada sejak dahulu kala yang dipakai sebagai tradisi adat minang, oleh karena itu sebagai masyarakat Indonesia jangan sampai melupakan nilai keaslian rendang sendiri meski sudah rendang sendiri sudah mendunia.

Dibalik adanya rendang ada cerita-cerita yang tersimpan yang turut serta berkembang bersama rendang, filosofis bumbu-bumbu yang ada dalam rendnag, juga asal-usul budaya yang membuat proses pembuatan rendang menjadi sedikit lebih rumit. Proses penamaan rendang sendiri berasal dari proses memasaknya yang lama dan penuh dengan rempah-rempas asli Indonesia.

Seiring berkembangnya zaman, rendang kini sudah bisa diinovasi dari yang mulanya hanya bisa dimasak menggunakan olahan daging sapi namun kini bisa menggunakan daging dari hewan-hewan lain seperti, bebek, ayam, kambing, kerang, itik dan lain-lain yang pastinya halal. Rendang yang merupakan hidangan istimewa karena biasa dihadirkan dalam acara-acara terntentu sekarang sudah bisa dinikmati di warung nasi, resto maupun rumah makan padang.

0 komentar